Bravo GRC (Brawijaya Volcanology and Geothermal Research Center) merupakan sebuah riset grup yang bergerak di bidang kegunungapian dan energi panasbumi. Riset Grup ini bernaung dibawah Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Brawijaya, didasarkan pada suatu cita-cita jangka panjang dalam hal pengembangan keilmuan dan teknologi gunungapi dan sumber daya alam dalam pembangunan nasional maupun kehidupan sebagai masyarakat. Riset Grup ini mengintegrasikan aktivitas penelitian dengan edukasi untuk meningkatkan kualitas penelitian dan pengajaran melalui kerjasama nasional dan internasional.

Untuk aktivitas masing-masing researcher, saat ini BRAVO GRC sedang fokus pada pengembangan dan implementasi IPTEK dalam bidang vulkanologi dan energi. Pada tahun 2016 lalu, telah dibuat prototype seismometer 5 komponen yang didasari dari MEMS Accelerometer yang bertujuan untuk memantau aktivitas gunungapi. Tahun ini, prototype tersebut berhasil dikembangkan sehingga dapat bekerja stand-alone dan sudah diusulkan agar mendapatkan hak paten. Selain itu, salah satu anggota telah berpartisipasi dalam kegiatan Seminar Internasional sebagai peserta dan telah mempresentasikan paper yang bertopik tentang implementasi dan pengembangan observatori untuk komunitas pendidikan dalam mitigasi bencana daerah gunungapi Kelud dan Arjuno-Welirang.

Saat ini BRAVO GRC telah memiliki sebuah laboratorium research center di Techno Park Cangar sebagai pusat penelitian terkait dengan monitoring vulkano dan eksplorasi geothermal yang terintegrasi dengan aktivitas vulkano di kompleks gunungapi Arjuno-Welirang. Research center ini merupakan suatu langkah awal tindakan preventif terhadap mitigasi bencana gunungapi khususnya Arjuno-Welirang.